Apakah obat asma bikin kecanduan?
dr. UWAIS RISKY MUHAMMAD, Sp. B
(Dokter Spesialis Bedah Rs. Marina Permata)

     Halo Sobat Sehat Marina Permata! Apakabar? Semoga sehat menyertai
kita semua ya! Kali ini kita akan memberikan satu artikel menarik lagi nih. Baca sampai habis ya agar ilmunya gak setengah-setengah. Kali ini Dokter Uwais Spesialis Bedah di RS. Marina Permata akan bagi ilmu mahal nih! Yaitu topik yang sangat penting bagi kesehatan kaum wanita: cara deteksi dini tumor payudara yang dapat menyelamatkan nyawa.

     Tumor payudara merupakan salah satu masalah kesehatan yang serius bagi wanita di seluruh dunia. Namun, dengan deteksi dini dan penanganan yang tepat, kesembuhan dapat menjadi lebih mungkin. Mari kita bahas langkah-langkah deteksi dini yang perlu diketahui:

1. Sadari (Periksa Payudara Sendiri)
     Sadari adalah langkah pertama yang dapat dilakukan oleh wanita usia 20 tahun ke atas. Ini melibatkan pemeriksaan payudara sendiri secara teratur. Lakukan pemeriksaan setiap bulan, idealnya setelah menstruasi selesai. Perhatikan perubahan bentuk, tekstur, atau adanya benjolan yang tidak biasapada payudara Anda.

2. Konsultasikan dengan Dokter
Jika Anda menemukan benjolan atau perubahan lain yang mencurigakan pada payudara Anda, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan evaluasi lebih lanjut dan merujuk Anda untuk pemeriksaan lanjutan jika diperlukan.

3. Pemeriksaan Penunjang untuk Diagnosis Tumor Payudara:
a) Pemeriksaan Penunjang Radiologi: Ini termasuk ultrasonografi (USG) dan mamografi. Mamografi adalah teknik pencitraan menggunakan sinar-X yang membantu mendeteksi perubahan abnormal pada jaringan payudara.
b) Pemeriksaan Penunjang Patologi: Meliputi biopsi aspirasi jarum halus (fine needle aspiration biopsy) yang dilakukan dengan menggunakan jarum kecil untuk mengambil sampel sel atau cairan dari benjolan pada payudara. Sampel tersebut kemudian diperiksa di bawah mikroskop untuk menentukan keberadaan sel kanker.

c) Penatalaksanaan: Jenis biopsi yang akan dilakukan (eksisi, insisi, atau core biopsi) akan ditentukan berdasarkan kondisi klinis pasien. Langkah selanjutnya dalam penanganan tumor payudara akan disesuaikan dengan hasil pemeriksaan dan diagnosis.

  Deteksi dini tumor payudara adalah kunci untuk meningkatkan peluang kesembuhan dan mengurangi risiko komplikasi yang terkait dengan kondisi ini. Saya mengimbau kepada semua wanita untuk melakukan pemeriksaan payudara secara teratur dan mengutamakan kesehatan diri sendiri.

    Dengan deteksi dini dan perawatan yang tepat, kita dapat bersama-sama melawan tumor payudara dan menjaga kesehatan serta kesejahteraan kaum wanita. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menjaga kesehatan payudara Anda. Dan percayakan layanan kesehatan Anda di Rumah Sakit Marina Permata Batulicin.

Sampai Jumpa!