(0518) 71118 (IGD 70118)

info@marinapermatahospital.com

Pengembangan Pelayanan CSSD

Komitment RS.Marina Permata dalam Pengembangan Pelayanan CSSD

RS.Marina Permata mengirimkan dua orang perawatnya untuk melakukan pelatihan CSSD Intermediate Plus yang diadakan oleh RSUPN Dr. Cipto Mangun Kusumo di Hotel Balairung Jakarta pada tanggal 2-5 Mei 2018. Dua orang perawat  CSSD RSMP yang terpilih adalah Borneo Yuda Pratama S.Kep,Ners selaku penanggung jawab instalasi CSSD dan Hardi Bayu Nugraha, S.Kep,Ners perwakilan dari IPCN. Menurut Sang Nyoman Oka P, SH, selaku manager HR&GA “pengiriman ini dilakukan untuk sertifikasi terkait akreditasi dan sebagai pengembangan serta peningkatan kompetensi”ucap beliau kepada timnews RSMP. 

Pada kesempatan lain Ida Adrianni, S.Kep, Ners selaku Manager Keperawatan berharap perawat yang mengikuti pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan “kedepan semoga dengan mengirimkan perawat yang mengikuti pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan Instalasi CSSD di RS.Marina Permata” ungkapnya.

Wakil Direktur Pelayanan RSMP juga mengungkapkan pentingnya pelatihan untuk sertifikasi perawat yang ada di RS.Marina Permata “kedepan setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu melakukan proses sterilisasi sesuai standar dan semua perawat di RSMP bersertifikasi dan pastinya ini sangat menunjang target akreditasi 2019” ungkap beliau kepada timnews RSMP.

Menurut Hardi Bayu Nugraha, S.Kep,Ners kepada timnews RSMP,  PPI memiliki tanggung jawab dalam penerapan standar sterilisasi dan dekontaminasi karena merupakan salah satu bagian dari kewaspadaan standar serta mutu pelayanan rumah sakit,  “PPI juga sangat terkait dengan mutu pelayanan terhadap keselamatan pasien, petugas dan lingkungan di rumah sakit mulai alur pelayanan, sarana prasarana, SDM, pelatihan dan monitoring harus sesuai standar PPI, kemudian mencegah terjadinya infeksi  (VAP, IAD, ISK, dan IDO) terkait pengggunaan alat di rumah sakit dan masih banyak hal lagi yang saya dapat dalam pelatihan ini, semoga dapat diterapkan bersama-sama demi kemajuan RSMP” ungkapnya dengan semangat.

“kedepan saya berharap CSSD RSMP akan berjalan lebih baik lagi sesuai dengan standar yang memang harus dicapai, CSSD menjadi instalasi yang mampu menjadi contoh bagi instalasi lain dalam hal pengelolaan secara managerial, dalam pelatihan ini saya fokus di managerial dan rekan saya Bayu fokus penanggulangan infeksi” tambah Borneo Yuda Pratama, S.Kep,Ners dalam kesempatan yang sama.

“Instalasi CSSD RSMP melayani segala bentuk kebutuhan bahan ataupun peralatan steril yang digunakan untuk tindakan invasive dan non invasive kepada pasien. Oleh sebab itu instalasi ini merupakan bagian terpenting dari pelayanan rumah sakit harapan saya CSSD tidak lagi dianggap sebagai instalasi yang kurang vital”imbuhnya

“Kedepan instalasi CSSD RS.Marina Permata akan membuka pelayanan sterilisasi secara umum untuk klinik-klinik yang akan menyelenggarakan tindakan pelayanan kesehatan kepada pasien” tutup beliau.

(IR/Tor)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat kami..
Hi, Ada yang bisa kami bantu ?
Hello..!
Ada yang bisa kami bantu ?