(0518) 71118 (IGD 70118)

info@marinapermatahospital.com

Sosialisasi PPI di RS Marina Permata

SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI DI RS MARINA PERMATA

Dalam rangka proses persiapan akreditasi rumah sakit, Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) bekerja sama dengan Diklat Rs. Marina Permata  melaksanakan sosialisasi program PPI dan pelatihan dasar-dasar pencegahan dan pengendalian infeksi. Acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 05 maret 2022,  12 maret 2022,  19 Maret 2022, dan 26 Maret 2022 diikuti oleh seluruh karyawan  yang berada di RS Marina Permata .

Materi pelatihan dasar PPI disampaikan oleh Hardi Bhayu Nugraha S.kep., Ns sebagai IPCN Rs Marina Permata adapaun sosialisasi yang di sampaikan meliputi kebersihan tangan, penggunaan alat pelindung diri (APD), penanganan tumpahan bahan infeksius, dan dekontaminasi. Kebersihan tangan wajib diketahui oleh seluruh petugas yang ada di rumah sakit termasuk di dalamnya petugas outsourcing seperti cleaning service.

Terdapat 5 momen wajib melakukan cuci tangan yaitu sebelum kontak dengan pasien, sebelum melakukan tindakan aseptic, sesudah kontak dengan cairan tubuh, setelah kontak dengan pasien, dan setelah kontak dengan lingkungan sekitar pasien. Cuci tangan dilakukan dengan cara 6 langkah cuci tangan baik dengan menggunakan larutan berbasis alkohol maupun dengan sabun dan air mengalir. Dilakukan juga praktek etika batuk yang baik dan benar untuk mencegah terjadinya penularan penyakit melalui udara (airborne)

Penggunaan alat pelindung diri bertujuan untuk melindungi petugas maupun pasien dari bahaya infeksi maupun pajanan bahan – bahan yang mampu menimbulkan gangguan kesehatan. Dilakukan demonstrasi dan praktek bagaimana cara menggunakan dan melepas alat pelindung diri secara lengkap, meliputi pemakaian sepatu pelindung, masker, apron, kaca mata pelindung, penutup kepala, dan sarung tangan.

 

Dengan dilakukannya sosialisasi dan pelatihan dasar-dasar PPI ini diharapkan seluruh elemen rumah sakit berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan pengendalian infeksi. Terkendalinya infeksidi rumah sakit pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pelayanan dan mendukung program keselamatan pasien di rumah sakit.

Chat kami..
Hi, Ada yang bisa kami bantu ?
Hello..!
Ada yang bisa kami bantu ?