(0518) 71118 (IGD 70118)

info@marinapermatahospital.com

WORLD CANCER DAY

IMG_9750-minIMG_7836-min

 

Data dari WHO tercatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks ini merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita di  dunia, dr. Anna Ismiana Sp.Og melalui seminar Deteksi Dini Kanker Serviks yang dilaksanakan di aula RS.Marina Permata mengatakan “setiap 2 menit 1 orang meninggal akibat kanker serviks” beliau juga berharap agar para wanita yang aktif berhubungan seksual lebih aware pada diri sendiri. Jika  belum pernah melakukan hubungan intim, ada baiknya melakukan vaksinasi HPV dan segera memeriksakan diri. Kurang lebih satu setengah jam dokter spesialis obgyn di RSMP ini memaparkan materinya. Selain itu dr.Anna juga menjelaskan bahwa kanker serviks membutuhkan proses yang sangat panjang yaitu antara 10 hingga 20 tahun untuk menjadi sebuah penyakit kanker yang pada mulanya dari sebuah infeksi. Oleh karena itu, saat tahap awal perkembangannya akan sulit untuk di deteksi. Untuk itu di sarankan para perempuan untuk melakukan test pap smear setidaknya 2 tahun sekali, melakukan test IVA (inspeksi visual dengan asam asetat, dll.

IMG_7785-minSeminar ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day)  yang ditetapkan pada tanggal 4 februari, namun RSMP memperingatinya senin 27 Februari 2017. Bertempat di aula RSMP, wakil bupati Tanah Bumbu H.Sudiannor membuka acara pada pukul 14:00 WITA. Melalui sambutannya beliau menghimbau agar masyarakat Tanah Bumbu dapat lebih menjaga kesehatan, dan menggunakan jaminan kesehatan yang dapat digunakan. “Guna lebih memotivasi dan menggerakkan masyarakat agar meningkatkan kepedulian terhadap penderita kanker. Upaya mencegahnya sejak dini sangat perlu dilakukan, salah satunya dengan memberikan pemahaman seputar kanker yang bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat akan bahaya serta bagaimana pencegahannya sedini mungkin.“

Bukan hanya seminar, kegiatan juga diisi dengan sharing cancer survivor, berbagi bagaimana mereka menjalani hari- harinya dengan penyakit yang diderita, bagaimana awal mula kanker serviks dapat bersarang di mulut rahim, apa saja yang mereka rasakan awalnya, sudah berobat kemana saja dan bagimana dukungan keluarga. Acara berlangsung hikmat dan meriah, karena juga ada hadiah yang dibagikan untuk peserta yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Peserta seminar yang terdiri dari ibu PKK Tanah Bumbu, Bhayangkari Polres Tanah Bumbu, Persit Kompi Senapan B Yonif 623 dan Kodim 1022/TNB, Siswa SMK Al Hidayah, Hotel Ebony Batulicin dan Umum.

Selain untuk memperingati Hari Kanker Sedunia RSMP juga berharap ini dapat menjadi sarana untuk memberikan semangat kepada para cancer survivor. Wakil direktur pelayanan medis melalui sambutannya berharap “kedepan pemerintah ataupun instansi terkait dapat bekerjasama untuk membuat komunitas kanker di Tanah Bumbu dan RSMP dengan sangat terbuka jika aula kami dijadikan tempat untuk pertemuan rutin komunitas ini” ucap dr.Siti Aisyah MARS. Selain itu juga beliau berterimakasih kepada wakil bupati Tanah Bumbu telah sudi membuka acara dan Jhonlin Group yang menjadi sponsor utama dalam kegiatan ini.IMG_7848-min

World Cancer Day atau Hari Kanker Sedunia bertujuan untuk menyelamatkan jutaan jiwa dari kematian yang dapat dicegah, dengan cara mendorong pemerintah dan individu untuk mengambil langkah, meningkatkan kepedulian pada kanker, dan meningkatkan langkah pencegahan, deteksi dini, maupun pengobatannya. Hari Kanker Dunia merupakan kesempatan yang cocok untuk menyebarluaskan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker maupun media di dunia.

IMG_7819-min

Mengutip dari www.harikankersedunia.com saat ini, ada 8,2 juta manusia meninggal akibat kanker setiap tahunnya. Empat jutanya meninggal prematur (berusia 30 sampai 69 tahun). Hari Kanker Dunia merupakan kesempatan yang cocok untuk menyebar luaskan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker maupun media di dunia.

#world_cancer_day

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat kami..
Hi, Ada yang bisa kami bantu ?
Hello..!
Ada yang bisa kami bantu ?